Di sebuah perusahaan, pemasaran merupakan hal yang sangat penting. Apalagi bergerak dalam bidang jasa atau pengadaan barang. Yang perlu diperhatikan dalam pemasaran yang targetnya adalah pelanggan, itu dibagi menjadi 2 hal, yang tidak bisa dilupakan. Kedua pasar itu adalah Capital Market dan Competency Market.
Apa yang dimaksud Capital Market dan Competency Market ini ?
Jika Commersial Market adalah tempat and bersaing untuk mendapatkan pelanggan, maka Capital Market adalah pasar mendapatkan pesaing untuk mendapatkan modal bagi perusahaan anda. Sedangkan, Competency Market adalah pasar tempat anda bersaing untuk memperoleh karyawan yang berkwalitas bagi perusahaan anda. Karena itu, sebaiknya perusahaan anda mempunyai Stakeholder utama. Pertama, tentu saja pelanggan yang menggunakan product atau jasa yang anda tawarkan.
Kedua, pemegang saham yang menanam modalnya ke perusahaan anda. Ketiga, karyawan anda sendiri.
Selain "menjual" perusahaan anda kepada Stakeholder pertama dan kedua, anda juga harus menjual kepada keryawan anda. Inilah yang dinamakan "Selling the Brand Inside".
Seperti contoh salah satu televisi Filipina.
Kita sepakat bahwa sebuah stasiun televisi pasti mempunyai pesaing dan pasarnya pun ada yaitu berjuta-juta mata memandang. Dalam ceritanya Bapak Hermawan Kertajaya, di sana ada suasana yang unik. Yang mana di dalam stasiun TV, terpajang 4 monitor yang memungkinkan seorang karyawn masuk pasti melihatnya.
Dua monitor menayangkan siaran TV itu sendiri, sedangkan 2 monitor lainnya menayangkan siaran TV lain, yang merupakan pesaingnya.
Sebuah fenomena yang aneh.
Setiap karyawan masuk ruangan langsung dihadapkan 2 monitor pesaing tersebut. Dan terlihat sekali rating dari masing-masing. Memang rating itu sengaja dipanatau terus menerus agar karyawan bisa mengetahui hasil keja mereka terhadap pesaingnya.
Karena dipacu persaingan inilah, semangat karyawan bekerja meninggi.
Nah,...melihat dari cerita itu, maka seorang karyawan akan terus melakukan persaingan. Mereka akan sadar bahwa untuk bisa melakukan itu, harus dimulai dari dalam. Karena itu, mereka mulai dengan menyemangati, memotivasi karyawan-karyawan lainnya.
Apapun bentuknya, "menjual" kepada karywan itu memang harus anda lakukan, bagaimanapun merekalah yang akan "menjual" kepada pelanggan anda.
Sumber Dari Buku,
Seri 9 Elemen Marketing by Hermawan Kertajaya.
Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :
- Obat Kuat GASA Bikin Tegang/Ereksi Kuat Atasi Impotensi, Herbal Mengatasi Lemah Syahwat, Aman, Resmi BPOM
- Obat Kuat Foredi GEL Bikin Tahan Lama Berhubungan Intim FOREDI Gel Herbal Oles, Terlaris di Internet, Aman, Rekomendasi Boyke
- LADYFEM Khusus Cewek Herbal Istimewa! Untuk Atasi Masalah Kewanitaan, Solusi Wanita FRIGID, Kurang Bergairah, Sulit Orgasme
- TISU MAJAKANI Bikin Keset, Wangi, Atasi Keputihan, dst... Tisu Majakani by Boyke and Co, Spesial Untuk Organ Intim Wanita, Agar Lebih Elastis, Kesat dan Wangi
- Pengencang Payudara, Bikin Payudara Gadis Kencang, Sehat, Indah
Cream Bikin Kencang Payudara, Sehat dan Indah! Cocok Buat Anda Yang Suka Perawatan Tubuh!
Posting Komentar